TROUBELSHOOTING PANEL OTOMATIS GENSET

|
Troubelshooting panel otomatis genset atau biasa kita sebut dengan panel ats – amf  memelukan penangan yang khusus walaupun bisa kita melakukan troubleshooting sendiri tanpa memanngil teknisi yang memeng sudah ber pengalaman .

Basic dari pada  ATS-AMF panel genset atau panel untuk transfer dan main failure genset adalah Cos ( change over switch) Untuk pegantian atau perpindahan power biasa kita  menggunakan handle Cam Switch secara manual atau sering dinamakan COS untuk memindah kontak sumber daya tersebut ,yang jarang Cos bermasalah karena dia bekerja Cuma secara mekanik. 

Dikarenakan Operasionalnya manual  untuk memindahkan daya ,hal tersebut berarti di anggap secara manual maka membutuhkan operator dalam mengoprasikan pemindah daya tersebut yang dianggap kurang praktis dan terlalu lama untuk power sampai ke pengguna,

TROUBELSHOOTING PANEL OTOMATIS GENSET
melayani service panel otomatis genset
Service panel otomatis genset

Panel  ATS ( Auto Transfer Swith ) yang di fungsikan secara Automatic .untuk memindahkan daya sesuai dengan kebutuhan tanpa menggunakan tenaga manusia untuk mengoprasikannya ,  

ATS akan di sertakan pula AMF ( Automatic Main Failure ) atau sering di jelaskan sebagai kontrol star stop genset secara auto generator .

 AMF yang sudah menggunakan Modul Control yang berfungsi sebagai control dan proteksi dari genset akan tetapi masih banyak juga AMF yang masih menngunakan cara konvensional yaitu pakai material relay dan timer sebagai kontrolnya

ATS dibedakan berdasrkan kapasitas daya yang di butuhkan atau berdasar Phasa dan Ampere yang melalui panel tersebut ,namun untuk perinsip kerjanya sama . 

ATS adalah biasa menggunakan material seperti  Contactor .  MCCB,ACB dan yang terbaru ATS Selenoid yang sudah banyak di pasaran ,alat alat tersebut pada perinsipnya adalah saklar ataupun pemutus hubungan.atau untuk perpindahan beban yang bias di control secara automatis

TROUBELSHOOTING PANEL OTOMATIS GENSET
melayani service panel ats-amf
Panel ATS-AMF

Panel ATS/AMF terdapat beberapa rangkaian relay yang terdiri dari beberapa blok yang memiliki fungsi dan tugas masing masing.

Berikut ini troubelshooting yang terjadi pada komponen dari panel otomatis genset yang biasa terjadi :

1. Relay detector Sumber daya Utama. (remote start genset)
Relai ini berfungsi untuk memberikan informasi kondisi sumber listrik utama (hidup atau mati) kepada rangkaian relai relai start/off engine dan ATS untuk di proses pada tahap selanjutnya. Troubelnya biasanya genset tidak mau start otomatis saat sumber pln padam.

2. Relay detector Daya Genset/tranfer beban
Relai detector ini berfungsi untuk memberikan informasi kondisi tegangan/daya genset kepada rangkaian relai relai start/off engine dan ATS untuk di proses pada tahap selanjutnya.Troubelnya daya /power genset tidak mau tranfer

3. Relay start/stop engine, berfungsi untuk menyalakan mesin genset.
Blok ini bekerja berdasarkan masukan dari relay detector tenaga listrik utama dan detector daya genset. Jika tegangan listrik utama maka blok ini akan menyalakan mesin genset dan jika tegangan listrik utama/PLN telah menyala kembali, maka genset akan dimatikan secara automatis. Blok ini juga bekerja sama dengan blok ATS. Genset hanya akan dimatikan jika ATS sudah menghubungkan beban dengan sumber utama/PLN .Troubelnya genset tidak mau mati saat pln sudah kembali hidup.

4. Relay ATS/COS / Relay interlock
Selain seperti yang dijelaskan pada paragraf ke dua, blok ATS bekerja sama dengan blok start/stop engine. Yang paling penting disini adalah, block ATS harus menghubungkan masing sumber tegangan utama dan atau tegangan dari genset hanya saat yang tepat.

HUBUNGI KAMI

ELECTRICAL PANELINDO

Related Posts