PEMBUATAN PANEL DISTRIBUSI / MDP,SDP

|
Pekerjaan elektrikal dalam suatu gedung adalah menyangkut persediaan sarana distribusi  listrik tegangan rendah  dari panel utama tegangan rendah (LVMDP (Low Voltage Distribution Paanel) ke panel sub distribusi hingga  peralatan atau accesories.

Gedung yang lebih besar lagi, ruang lingkup elektrikal dari suatu gedung juga menyangkut pengubahan tegangan menengah PLN (20ribu volt) menjadi tegangan rendah.  

Pada gedung ini tegangan listrik didistribusikan dari saluran tegangan menengah melalui trafo menjadi saluran tegangan rendah 3 fase R,S,T, dimana tegangan antar fase 380 volt, dan 220 pada jalur netral.

MELAYANI SERVICE DAN PEMBUATAN
LVMDP

Sumber tgangan listrik  dari gedung biasanya menggunakan sumber dari PLN. Disamping PLN,  maka gedung juga menyediakan sumber tegangan cadangan (emergency) jika terjadi pemadaman atau PLN mati, yaitu  dengan menyediakan Genset (Generator Set).   

Genset biasanya dioperasikan jika ada gangguan atau pemadaman dari PLN, dan umumnya  telah diset sedemikian rupa sehingga ketika PLN mati maka dengan otomatis tegangan  disuplay dari genset, yang telah di set secara otomatis, dengan interval waktu hitungan detik

Tegangan yang dibutuhkan oleh gedung adalah tegangan rendah. Sedang (untuk daya yang lebih besar) tegangan yang masuk dari PLN adalah tegangan menengah (20ribu volt). Sehingga diperlukan peralatan pengubahan dari tegangan menengah ke tegangan rendah. 

Aliran tegangan menengah diubah menjadi tegangan rendah melalui trafo, yang kemudian didistribusikan melalui panel distribusi utama tegangan rendah atau LVMDP (Low voltage distribution panel) . 

Dari panel tegangan rendah ini kemudian disitribusikan ke panel sub distribusi  (atau disebut jua dengan panel MDP (main distrubution paanel) atau ada juga yang menyebut panel SDP (sub distribution panel) dan seterusnya ke panel peralatan hingga outlet  pemakai (stop kontak, lampu dan lain-lain).

Dalam sistem instalasi di gedung biasanya panel terdiri dari 2 macam, yaitu panel tegangan menengah yang biasanya di sebut dengan penel MV (medium Voltage) atau yang sering disebut juga dengan nama panel cubicle dan panel tegangan rendah (low voltage).Ada 2 macam panel distribusi :

1. Panel Tegangan Menengah (MV)
Panel tegangan menengah (panel MV (Medium Voltage) atau sering disebut juga panel  cubicle ada yang disediaan oleh PLN, dan biasanya menjadi tanggung jawab PLN, yang disebut dengan cubicle PLN, yang menghubungkan  jaringan  tegangan menengah PLN dengan cubice gedung. 

Panel ini terdiri dari 3 macam, yaitu cubicle incoming, metering dan cubicle outgoing. Panel MV yang lainnya biasanya disebut dengan cubicle pelanggan, yang menghubungan dari panel MV (cubicle PLN) dengan Trafo.
   
c.   2. Panel Tegangan Rendah  (TR)
 Panel tegangan rendah terdiri dari panel utama yang disebut dengan LVMDP (Low voltage distribution panel), sub panel dan kemudian ke panel-panel PP, Panel AC dan lain-lain.

Fungsi dari low Voltage main distribution panel (LVMDP) adalah sebagai panel penerima daya/power dari transformer (trafo) dan mendistribusikan power tersebut lebih lanjut ke panel Low voltage sub distribution (LVSDP), Menggunakan Air Circuit Breaker atau moulded case Circuit Breakers, 

panel sub distribusi akan mendistribusikan power tersebut ke peralatan electrical sedangkan fungsi Low voltage sub distribution (LVSDP) adalah mendistribusikan power tersebut ke peralatan electrical. Kami melayani Service dan pembuatan panel lvmdp .

HUBUNGI KAMI : 

Related Posts